Jumat, 05 Oktober 2018

Tempat Keramat Di Cidenok

Kemarin siang disela-sela kesibukan yang mulai menyita waktu, menyempatkan diri untuk jalan-jalan ke desa Cidenok untuk melihat secara pribadi apa yang selama ini dengar dari orang-orang mengenai kawasan keramat yang konon masih sangat bertuah yaitu Buyut Sumur Gempol dan Wadas Dengdeng. Sayang sekali, di dua kawasan ini tidak diperbolehkan untuk menggambil gambar dua kawasan ini oleh kuncen yang menjaganya.

Inilah ulasan singkat dari dua kawasan itu :

Buyut Sumur Gempol
Buyut Sumur Gempol ialah sebuah kebuyutan atau kawasan petilasan dari Nyi Rara Denok yang konon masih ada kekerabatan dengan keraton Kesepuhan Cirebon. Tempat yang berlokasi di Desa Cidenok, Kec. Sumberjaya, Kab. Majalengka ini konon ialah nenek moyang atau orang sini menyebutnya dengan "Gegeden" dari masyarakat yang ada di Desa Cidenok ini. Dan alasannya ialah ada pertalian antara Nyi Rara Denok dengan Keraton Kesepuhan inilah, masyarakat Cidenok hingga ketika ini banyak yang mengabdi di keraton Kesepuhan itu. sendiri nggak tahu persis dalam hal ini Nyi Rara Denok sejauh mana dan posisinya sebagai apa di keraton tersebut, tapi yang niscaya di dalam keraton Kesepuhan ada sebuah gedung yang berjulukan Rara Denok.

Kebuyutan yang didalamnya terdapat sumur dan pohon gempol ini tiap tahun punya program rutin berupa pertunjukan Topeng dan wayang Purwa, tepatnya ketika ada program munjungan dan bongkar bumi.


Wadas Dengdeng
Wadas Dengdeng ialah sebutan untuk sebuah kawasan di Desa Cidenok, Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Majalengka. Tempat ini dinamakan Wadas Dengdeng alasannya ialah kalau diinjak dengan berpengaruh akan berbunyi deng... deng... deng.. konon kawasan ini pada jaman penjajahan Jepang dijadikan sebagai kawasan sanksi mati bagi pribumi yang membangkang kepada tentara Jepang. Dan alasannya ialah para pesakitan yang kerap dihukum di sini sambil duduk mencangkong (tidak bangun sebagaimana umumnya eksekusi), maka kawasan ini pun disebut juga dengan sebutan Ki Jenguk.

Dan alasannya ialah konon kawasan ini begitu angker, maka pada malam-malam tertentu ada saja orang yang menyepi disini demi terkabulnya hajat mereka, dari sekedar minta nomor buntut togel hingga mencari benda pusaka dan pesugihan. Entah mereka-mereka yang pernah tiba kesini benar-benar terkabul hajatnya atau tidak, belum pernah mewawancarainya secara langsung, tapi yang terperinci tetap saja kawasan ini tak pernah sepi dari orang-orang ibarat itu.


NB : Khusus untuk tiap hari Selasa, akan memposting mengenai tempat-tempat keramat dan yang dikeramatkan di wilayah 3 Cirebon.
Sumber http://portalcirebon.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar