Selasa, 07 November 2017

PAN Angkat Kaki dari KCM, Dani Sebut Lima Partai Bakal Bentuk Poros Baru

KESAMBI - Setelah  Partai Gerindra yang menyatakan mundur dari Koalisi Cirebon Maju (KCM), kali ini, Partai Amanat Nasional (PAN) pun resmi angkat kaki dari koalisi yang digawangi oleh partai petahana, Demokrat, tersebut.
 Partai Gerindra yang menyatakan mundur dari Koalisi Cirebon Maju  PAN Angkat Kaki dari KCM, Dani Sebut Lima Partai Bakal Bentuk Poros Baru
Ketua DPD PAN Kota Cirebon Dani Mardani. Foto: Asep/Rakyat Cirebon 
Keputusan PAN untuk keluar dari KCM tersebut sebagaimana disampaikan oleh Ketua DPD PAN Kota Cirebon, Dani Mardani SH dikala diwawancarai wartawan koran ini, kemarin.

"Setelah mempertimbangan aspirasi segenap pengurus, kader dan simpatisan, sekaligus mempertimbangkan aba-aba dari DPW PAN Jawa Barat, kami menyatakan mengundurkan diri dari KCM," ungkap Dani kepada Rakcer.

Sama dengan Partai Gerindra, diakui Dani, yang menjadi penyebab dari keluarnya PAN dari KCM ialah deklarasi sepihak pasangan petahana dengan ketua DPD Partai Nasdem Hj Eti Herawati atau Eeng Charli sebagai tandemnya.

Dituturkan Dani, selama ini PAN memiliki tradisi yang khusus, yakni tidak pernah mendukung calon yang tidak melalui proses penjaringan di internal PAN itu sendiri, apalagi harus mendukung calon yang bahkan di luar dari koalisi yang sudah dibangunnya.

"Sehubungan dengan telah dipublikasikannya petahana yang berpasangan dengan Ibu Eeng, hilanglah kesempatan PAN menerima peluang mendapingi petahana, itu salahsatu alasan kami hengkang, alasannya ialah kan janji ketika kami bergabung, pendamping petahana itu ditetapkan berdasarkan survei," tutur Dani.

Setelah menyatakan diri keluar dari KCM,  PAN dikatakan Dani sudah melaksanakan komunikasi politik dengan sedikitnya lima partai, dan ia memastikan, PAN akan membentuk poros gres bersama partai-partai yang masih enggan disebutkannya tersebut.

Akan tetapi, Dani mengatakan beberapa klu mengenai poros gres yang akan dibetuk partai berlambang matahari terbit tersebut, diantaranya ialah ia akan berkoalisi dengan partai-partai yang mengedepankan kesetaraan perolehan bangku di legislatif.

Selain itu, poros gres yang dibentuk PAN dengan beberapa partai lain dan digadang-gadang akan menjadi lawan tangguh bagi pasangan petahana ini dikatakan Dani tidak akan keluar dari peta kekuatan politik yang telah disusun di tingkat provinsi untuk pertarungan Pilgub 2018.

"Kita pastikan buat poros baru, poros gres yang ditawarkan ialah berkoalisi nya partai yang mengedepankan kesetaraan. Kita sudah ada lima partai yang membangun komunikasi, saya katakan PAN akan membangun koalisi yang linear dengan pilgub, itu sinyalnya," kata Dani. (sep)
Sumber http://www.rakyatcirebon.co.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar