Selasa, 07 November 2017

Polisi Selidiki Kasus Keracunan Kue Krepes yang Menimpa 29 Siswa SD

CIREBON – Sedikitnya 29 siswa  SDN 1 Muara, Kecamatan Suranenggala, Kabupaten Cirebon, mengalami keracunan jajanan krepes, Kamis (2/11) pukul 07.30 Wib ketika jam pelajaran berlangsung.
 Muara Kabupaten Cirebon dirawat setelah keracunan kudapan manis krepes Polisi Selidiki Kasus Keracunan Kue Krepes yang Menimpa 29 Siswa SD
Siswa SDN 1 Muara Kabupaten Cirebon dirawat setelah keracunan kudapan manis krepes. Foto: Dandy/Rakyat Cirebon
Berdasarkan isu yang diperoleh Rakyat Cirebon di lapangan, kejadian bermula ketika puluhan siswa sekolah tersebut membeli jajanan krepes sebelum jam pelajaran dimulai adalah sekitar pukul 06.30 Wib. Selang beberapa menit setelah jam pelajaran dimulai gejala keracunan dialami beberapa anak yang telah membeli jajanan tersebut.

“Yang saya tahu keracunan itu terjadi ketika jam pelajaran di kelas berlangsung, sedangkan siswa membeli jajanan krepes itu sebelum jam masuk sekolah, sekitar pukul 07.10 Wib bawah umur banyak yang mengalami mual, pusing dan muntah. Dengan sigap guru-guru pribadi membawa siswa tersebut ke Pustu (Puskesmas Pembantu) setempat,” kata Camat Suranenggala Indra Safitri.

Dikatakan, setelah ditangani ke Pustu Muara, tetapi alasannya takut terjadi hal yang tidak diinginkan alhasil pihak sekolah membawa sebagian besar siswa yang terkena keracunan ke Puskesmas DTP Suranenggala untuk dilakukan pemberian lanjut.

“Jumlah siswa yang makan krepes pagi itu sih ada 33 siswa, namun hanya 29 siswa yang mengalami gejala keracunan, dan 4 diantaranya mendapatkan perawatan intens di puskesmas Suranenggala,” katanya.

Kejadian tersebut sudah ditangani pihak Polres Kota Cirebon, dengan mengecek pribadi kawasan kejaian perkara (TKP) dan menyita barang bukti  berupa dua kudapan manis krepes, 10 botol kecil berisi adonan perasa makanan. 

Satu teko berisi adonen kudapan manis krepes, 1 buah kompor, 1 buah cetakan kudapan manis krepes, dan satu yunit sepeda motor milik pedagang kudapan manis tersebut serta gerobak dagang milik pedagang tersebut.
Pedagang kudapan manis krepes ketika ini masih diamankan Polres Kota Cirebon dan akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Sementara itu, ketika di konfirmasi Rakyat Cirebon, pihak Puskesmas melalui Dokter fungsional Gunawan AHS mengatakan, pihaknya memang mendapatkan puluhan siswa yang berasal dari SDN 1 Muara yang diduga keracunan makanan di sekolah.

“Ya tadi pagi memang kami mendapatkan pasien keracunan dari siswa SDN 1 Muara, menurut keterangan sih, penyebabnya diduga alasannya jajanan krepes,” kata Gunawan.

Gunawan juga mengetakan, setelah dilakukan pemberian pertama, tim medis Puskesmas Suranenggala juga pribadi mengambil sampel jajanan yang menimbulkan puluhan siswa keracunan.  “Kami ambil sampel, pribadi kami serahkan ke dinas terkait untuk diteliti lebih lanjut,” ujarnya. (dym)
Sumber http://www.rakyatcirebon.co.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar