Senin, 17 September 2018

Batik Paoman Indramayu

Batik Paoman merupakan batik tradisional yang terdapat di Indramayu. Batik ini menjadi sangat khas alasannya disamping proses pembuatannya yang menggunakan teknik lukis, juga motif-motif yang dihasilkannya pun sangat tegas baik dalam teknik pewarnaan maupun ilustrasi motifnya dan sama sekali berbeda dengan motif batik yang ada di Indonesia, bahkan dengan batik trusmi yang nota bene merupakan kota tetangga sekaligus pusat batik di Cirebon sekalipun.

batik Trusmi Cirebon. Mungkin alasannya kurangnya promosi dan keterampilan membatik ini memang hanya dilakukan di waktu-waktu senggang saat ekspresi dominan penghujan dimana masyarakat paoman yang sebagian besar berprofesi sebagi nelayan ini sedang tidak melaut alasannya cuaca buruk.

Disamping nama Batik Paoman, batik ini dikenal juga dengan nama Batik Dermayon yang tergolong beraliran pesisir ibarat halnya Cirebon dan Pekalongan. Untuk corak, motif batik Indramayu ini diyakini oleh beberapa mahir dipengaruhi oleh akulturasi kebudayaan dari luar dan bermacam-macam unsur ibarat kepercayaan penduduknya, lingkungan dan juga moral istiadat setempat. Salah satu kultur absurd yang sangat terasa dalam motif batik Indramayu yakni unsur kebudayaan China, di mana unsur-unsur tersebut sanggup dikenali dari beberapa motif yang tertuang dalam batik Indramayu ibarat Lokcan, Banji dan burung Hong. Bagi masyarakat keturunan China, ketiga unsur tersebut merupakan simbolisasi tumbuhan dan fauna yang satu sama lain saling berkait dan bermakna tinggi, yakni harmonisasi kekerabatan antara insan dengan alamnya.

Di samping China, kultur dan tradisi yang terbaca dalam motif batik Dermayon juga yakni budaya Arab dengan kaligrafi dan sawat riwe-nya. Untuk unsur-unsur lokal dalam corak batik Dermayon sanggup ditemui dalam motif liris yang kental dengan efek Hindu yang di dominasi oleh motif garis miring dan silang, yang dikenal dengan sebutan motif bendo atau kawung. Untuk lebih terang mengenai makna yang terdapat dalam corak Batik Dermayon ini silahkan Anda berkunjung ke BatikPaoman.Com

Jika Anda tertarik untuk menggunakan atau mengkoleksi batik Paoman ini, beberapa kawasan yang menjual batik Paoman yakni di Jl. Kopral Yahya, Anjun, Indramayu dan atau ke butik milik Hj. Siti Ruminah yang concern menjual dan mengkoleksi banyak sekali motif batik Dermayon ini di Jl. Siliwangi No. 315/A, Kelurahan Paoman Indramayu, Tlp. (0234) 271151.

Artikel Terkait:


Gambar di ambil dari: sini.
Sumber http://portalcirebon.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar