Senin, 24 September 2018

Nasi Lengko Pagongan

Nasi lengko Pagongan merupakan penjual nasi lengko khas Cirebon yang paling ramai dikunjungi pengunjung, baik oleh warga Cirebon sendiri maupun oleh warga dari luar kota yang kebetulan sedang berada di Cirebon atau memang sengaja tiba ke Cirebon untuk berwisata makanan sekaligus berwisata Budaya. Nama nasi lengko Pagongan sendiri yakni sebab outlet daerah dimana H. Barno sang pemilik warung membuka gerainya di jalan Pagongan.

Seperti nasi lengko pada umumnya, racikan dari nasi lengko ini bekerjsama sama saja dengan nasi lengko pada umumnya yaitu berupa nasi putih yang diatasnya dibubuhi irisan ketimun, tahu tempe yang dipotong dadu kecil-kecil, tauge, gorengan bawang kemudian disiram dengan kecap elok dan sambal bumbu kacang yang tidak mengecewakan pedas. Yang menciptakan nasi lengko ini menjadi sangat diminati yakni bumbu kacangnya yang lebih legit dan terasa nendang di lidah. Nasi lengko ini akan lebih nendang di pengecap dikala menyantapnya ditemani dengan sate kambing yang juga khas Pagongan.

Nasi lengko Pagongan merupakan penjual nasi lengko khas Cirebon yang paling ramai dikunjun Nasi Lengko Pagongan

Nasi lengko ini pun yang juga menciptakan rasanya lebih khas yakni sebab cara memasaknya masih memakai cara-cara tradisional yang antara lain untuk menanak nasi dipakai kayu bakar di atas tungku tanah, sementara untuk menggoreng tahu dan tempe dipakai anglo (kompor tradisional) yang memakai arang. Semua itu dilakukan demi mempertahankan rasa nasi lengko menjadi sangat khas.
Sumber http://portalcirebon.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar