Kamis, 04 Oktober 2018

Lesunya Produksi Kerajinan Rotan Di Cirebon

Dari data statistik yang diperoleh menyebutkan hampir 90 % industri rotan di Tegal Wangi, Plumbon, Cirebon gulung tikar. Padahal dulunya di Tegal Wangi, Plumbon, Cirebon ini menjadi kiblat industri rotan nasional.

Ketika mempertanyakan ihwal ini pada para pelaku bisnis ini, sebagian pengusaha rotan mengatakan, keadaan ini disebabkan oleh terbitnya Surat Keputusan (SK) Menteri Perdagangan (MENPERDAG) No 12/2005 yang isinya memberlakukan ekspor materi baku rotan.

Turunnya produksi pun besar lengan berkuasa pada ekspor rotan Cirebon. Data Asosiasi Mebeuleur Indonesia (Asmindo) cabang Cirebon menyampaikan sebelumnya ekspor banyak sekali produk kerajinan Rotan Cirebon mencapai 3.500 Kontainer per bulan. Saat ini maksimalnya 500 kontainer per bulan.

Kondisi itu diiringi melonjaknya angka pengangguran di Plumbon dan sekitarnya. Lebih dari satu juta orang yang dulunya mengantungkan hidupnya pada industri rotan, ketika ini menganggur.

hanya dapat berharap biar industri ini kembali menggeliat sampai sekian juta masyarakat Cirebon yang mengandalkan periuk nasinya dari perjuangan kerajinan ini dapat kembali mengepul...

Semoga........
Sumber http://portalcirebon.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar